Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 53 Lapas-Rutan Se-Jawa Timur Khataman Al-Qur'an

Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 53 Lapas-Rutan Se-Jawa Timur Khataman Al-Qur'an

Surabaya, Fakta Metropolis. Bicara soal Rumah Tahanan (Rutan) tentu akan terlintas dalam fikiran bahwa rumah tersebut bukanlah rumah ayng kita inginkan. Namun kali ini, untuk memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53 Tahun 2017, berbagai kegiatan akan dilaksanakan oleh Lapas-Rutan se Jawa Timur.

“Diantaranya adalah Khataman Al-Quran, lomba olahraga tradisional, dan Paskah bersama. Event juga nantinya akan diisi dengan bersih-bersih lingkungan,” ujar Harun Sulianto, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Kamis (13/04/17).

Harun menjelaskan, event tersebut pastinya akan diikuti oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di ruang terbuka publik. Rencana perayaan ini, dikatakannya sudah dimatangkan dan akan dilaksanakan pada Senin depan, yakni 17 April 2017.

"Dimana lokasinya adalah ruang terbuka publik, seperti taman maupun alun alun," jelas Harun.

Kegiatan ini, menurut Harun, dipilih sebagai implementasi program pembinaan bagi para Napi dengan mengintegrasikan ke dalam lingkungan masyarakat. Napi yang ikut adalah mereka yang tengah menjalankan program Asimilasi.

Sedangkan untuk acara Khataman Al-Quran oleh WBP, Harun menuturkan, akan dilangsungkan pada hari Kamis pagi, yakni 20 April 2017. Harun berharap, kegiatan ini bisa menjadi titik balik bagi narapidana agar menyadari kesalahannya dan memperbaiki diri.

"Teknisnya, pada saat mengaji dibentuk kelompok sebanyak 120 WBP sebagai pembaca utama untuk mengkhatamkan 30 juz minimal 1 kali," tuturnya.

Sementara WBP lain membaca Al-Quran masing-masing sehingga total khataman sebanyak 500 kali khatam. Dan total jumlah WBP di seluruh Indonesia yang mengikuti khataman ini mencapai 5000 orang.

Selain bersih-bersih lingkungan dan khataman Al-Qur’an, olahraga tradisional juga menjadi salah satu program dalam rangkaian HUT Pemasyarakatan tahun ini, yang akan dilaksanakan pada Jumat, 21 April 2017. Ada dua olahraga yang diagendakan yaitu Gobak Sodor dan Lomba Terompah Panjang.

"Ini bentuk pembinaan kepribadian yang sifatnya rekreasional," tambah Harun.

Selanjutnya di hari Minggu pagi (23/4/2017), akan dilaksanakan Paskah bersama  antara pegawai dan WBP dengan penyampaian pesan Paskah oleh Menteri Hukum dan HAM secara live melalui aplikasi teleconfernce di masing-masing Lapas-Rutan. 

"Puncak acara yaitu upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan pada hari Kamis tanggal 27 April 2017," pungkas Harun.(nik/asb)


Terkait