Setelah Tum Hi Ho, Kini Muskurane Mendunia

Setelah Tum Hi Ho, Kini Muskurane Mendunia

Fakta Metropolis. Muskurane, adalah sebuah lagu ciptaan Jeet Ganguly yang menjadi soundtrack film City Lights dari Bollywood pada tahun 2014. Lagu yang dinyanyikan oleh Arijit Singh itu juga tak lepas dari peran Rashmi Singh sebagai penulis lirik, dengan fitur album video yang diperankan oleh Rajkumar Rao, Patralekha, serta Arijit Singh.

Mengupas sedikit tentang penyanyi lagu tersebut, Arijit Singh adalah  seorang vocalis kelahiran 25 April 1987 di Bengal Barat, India. Arijit semakin popular setelah sebelumnya sukses dengan lagu Tum Hi Ho, dan kembali hadir dengan lagu Muskurane yang berarti ‘Senyum’ dengan nuansa romantis. Arijit sendiri ternyata salah satu seorang composer music ternama di India.

Lagu itu tercipta berawal dari keinginan Mukesh Batt, seorang produser lagu yang menginginkan sebuah lagu yang ringan namun mendalam.  Istri Ganguly, yaitu Chandrani yang kala itu sedang mendengarkan suaminya memainkan gitar menemukan komposisi yang fantastis. Sontak Chandrani memanggil Mukesh Batt lalu memainkan Mukhda (sebuah alat musik) dihadapannya, dan Mukesh pun menyukainya.

Selanjutnya keesokan harinya Ganguly mulai menyusun lagu tersebut dan memainkan musik untuk Mukesh dan Hansal Mehta, produser film. Muskurane pun didengarkan dan keduanya pun benar-benar menyukai lagu yang mendunia tersebut. Sementara Rashmi Singh sendiri butuh waktu beberap jam untuk menuliskan bait demi bait dari lagu tersebut.

Soal film City Lights sendiri, Ganguly dalam sebuah tulisannya mengatakan bahwa film tersebut bukan hanya sekedar cerita cinta, film itu butuh pendalaman karakter yang benar-benar menjiwai. “Citylights bukan sekedar cerita remaja, ini adalah beberapa cinta yang memiliki kedalaman karakter yang sangat mendalam,” tulis Ganguly sebagaimana dikutip dari Wikipedia.(asb)


Terkait