Sambut HUT TR ke 72, BNNP Jatim Musnhakan 3 Kg Sabu dan 1,4 Kg Ganja

Sambut HUT TR ke 72, BNNP Jatim Musnhakan 3 Kg Sabu dan 1,4 Kg Ganja

Fakta Metropolis, Surabaya. Sedikitnya 3 kg Narkotika Golongan I jenis sabu-sabu dimusnahkan Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur (BNNP Jatim). Selain sabu-sabu, BNNP Jatim juga memusnahkan 1400 gram ganja.

Kepala BNNP Jatim , Brigadir Jenderal Polisi Fatchur Rohman mengatakan, pemusnahan narkoba ini merupakan salah satu bagian dari cara Republik Indonesia merayakan hari kemerdekaan.

"Kita tunjukan pada masyarakat kita serius memberantas dan menumpas narkotika di Jawa Timur," kata Brigjen Pol. Fatchur Rahman, Selasa (15/08/17).

Fatchur menuturkan, barang-barang yang tergolong dalam jenis narkotika itu, merupakan hasil ungkap yang dilakukan oleh BNNP Jatim selama 4 bulan terkahir. Yakni, sejak April hingga Juli 2017. Bukti penyalahgunaan narkotika tersebut di sita dari 3 kasus peredaran gelap.

Dalam peredaran gelap narkotika tersebut, Fatchur mengungkapkan, beragam cara yang dilakukan oleh para pelaku dengan berbagai modus operandi. Peredarannya juga memasuki di beberapa daerah di Jawa Timur, khususnya Surabaya.

Sedangkan asal barang-barang tersebut masuk ke wilayah Jawa Timur, Fatchur memaparkan, bahwa untuk kristal haram itu umumnya di pasok dari negara China. Sementara untuk barang bukti ganja yang berhasil disita umumnya dari lokal Indonesia sendiri.

“Semua ini berkualitas nomor satu,” paparnya.

Barang bukti narkotika yang di sita itu, antara lain, di sita dari tersangka berinisial RZ (38), narkotika jenis sabu-sabu seberat 55,95 gram atau 5,5 kilogram. Sedangkan ganja dengan total berat 1,3 kilogram di sita dari warga Menganti, Surabaya dan BB jenis sabu-sabu dengan total berat 3.017 gram atau 3,1 kilogram dari tersangka TS (50) warga Pasuruan.(asb)


Terkait