Pak De Karwo Hadiri Pembukaan Kantor Perwakilan BEI Jatim

Pak De Karwo Hadiri Pembukaan Kantor Perwakilan BEI Jatim

Fakta Metropolis, Surabaya. Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendukung PT. Bursa Efek Indonesia - BEI untuk terus fokus melakukan kegiatan edukasi dan sosialisasi kepada kalangan dunia usaha di Jawa Timur.

Bahkan melalui Pusat Informasi Go Public, BEI diharapkan memberikan layanan konsultasi tentang cara perusahaan memperoleh pendanaan di pasar modal.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo usai menghadiri pembukaan kantor perwakilan Jawa Timur BEI di Surabaya menyampaikan rasa terima kasih atas hadirnya kantor ini.

Karena menjadi tempat jujukan yang pasti bagi perusahaan atau investor yang ingin berinvestasi di pasar saham.

"Karena ini akan mensosialisasikan kepada siapa saja, ada pemilik perusahaan, ada yang ingin membeli saham di pasar bursa itu," ungkap Karwo, Selasa (29/8/2017).

Menurut Soekarwo, banyak keuntungan yang diperoleh perusahaan jika menjadi bagian dari emiten atau perusahaan terbuka, salah satunya adalah pemenuhan pembiayaan non bank.

Selain itu, menjadi keuntungan tersendiri bagi investor, yang mengetahui secara langsung latar belakang dan kondisi perusahaan tersebut.

"Perusahaan itu sendiri bisa profesional, karena dia tidak bisa lagi ditutupi, dia disclose, diumumkan, akuntabilitasnya baik," tambahnya.

Sementara itu, Direktur BEI - Nicky Hogan mengaku, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi melalui keberadaan kantor perwakilan di seluruh Indonesia. 

Dengan harapan, akan mampu menambah jumlah emiten atau perusahaan untuk go public

"Seperti tahun ini 35 (emiten, red), dan kita berharap kalau kita bisa mencapai 35 itu adalah yang tertinggi dalam sejarah," jelasnya.

Menurut Nicky, keberadaan kantor perwakilan ini akan menguntungkan bagi para investor atau sisi demand. Karena dengan mudah melakukan kegiatan literasi dan inklusi.

"Sudah lebih dari 1 juta investor di Indonesia, dan itu merupakan satu penambahan yang menggembirakan untuk kita semua," imbuhnya.

Sedangkan dari sisi transaksi papar Nicky, transaksi Bursa Efek Indonesia terus mengalami peningkatan.

Bahkan indeks terus mencetak rekor baru, kapitalisasi pasar seluruh saham juga terus mencetak rekor baru. Saat ini sudah lebih dari 6400 triliun. 

Selain pembukaan kantor, BEI juga melakukan kegiatan Public Expose Marathon yang diikuti oleh 16 Perusahaan Tercatat yang tercatat di BEI.

Acara tersebut akan dilangsungkan pada 29 sampai dengan 30 Agustus 2017 di Lantai 6 dan 7 Gedung BEI Surabaya.

Ke-16 Perusahaan Tercatat yang akan melaksanakan Public Expose Marathon di Surabaya tersebut adalah PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk, PT Kalbe Farma Tbk, PT Bumi Serpong Damai Tbk, PT AKR Corporindo Tbk, PT PP Properti Tbk, dan PT Timah (Persero) Tbk.

Perusahaan Tercatat lainnya adalah PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk, PT Cardig Aero Services Tbk, PT Cikarang Listrindo Tbk, PT Vale Indonesia Tbk, PT Cahayasakti Investindo Sukses Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Gudang Garam Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.(nik/asb)


Terkait