Musnahkan Barang Bukti Narkoba, Kapolrestabes Surabaya Ingatkan Pengedar

Musnahkan Barang Bukti Narkoba, Kapolrestabes Surabaya Ingatkan Pengedar

Fakta Metropolis, Surabaya. Dalam rangka menyambut datangnya HUT RI ke 72 Kemerdekaan Republik Indonesia, secara serentak kepolisian di seluruh Indonesia melakukan pemusnahan barang bukti hasil ungkap kasus penyalahgunaan narkotika.

Bersama dengan Forpimda Kota Surabaya, BNNP Jatim, BNNK Surabaya, Kejaksaan dan Organisasi Anti Narkoba, Granat serta sejumlah tokoh agama, Polrestabes Surabaya melakukan pemusnahan barang bukti hasil ungkap kasus penyalahgunaan narkotika, periode Juli hingga Agustus 2017.

“Pemusnahan narkoba ini serentak dilakukan untuk memperingati HUT RI ke-72,” ujar Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal, Selasa (15/08/17).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan secara serentak ini, barang bukti narkoba yang dimusnahkan Polrestabes Surabaya antara lain 49,16 gram sabu-sabu, 3,69 gram ganja, 6 butir ekstasi, 10.536 butir obat daftar G. selain memusnahkan narkotika, Polrestabes Surabaya juga memusnahkan sedikitnya 677 botol minuman keras.

Pemusnahan terhadap barang bukti narkoba yang berhasil di sita dari sejumlah tersangka itu, dilakukan dengan cara dibakar. Sedangkan untuk barang bukti berupa minuman keras berbagai merk, dimusnahkan dengan cara di gilas menggunakan buldoser.

Usai melaksanakan pemusnahan barang bukti, kepada sejumlah wartawan, Iqbal menuturkan, pemusnahan barang yang dilakukan secara serentak itu menunjukkan keseriusan pihak kepolisian untuk memberantas tindak pidana penyalahgunaan narkoba.

“Pemusnahan ini merupakan simbol negara untuk hadir sekeras-kerasnya untuk memberantas narkoba di negara kita,” tuturnya

Pria asal Palembang itu juga mengungkapkan, para tersangka yang berhasil di tangkap ini pun, tidak kesemuanya pelaku, namun sebagian besar merupakan korban dari narkoba. Menurutnya, para tersangka ini, setelah dilakukan pendalaman menurut kasusnya, hanyalah korban.

“Korban dari lingkungannya, juga korban dari ketidaktahuan mereka akan bahaya narkoba itu sendiri,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Iqbal menghimbau kepada masyarakat agar lebih serius menanggulangi narkoba demi keamanan dan kesejahteraan bersama. Sementara terhadap para pelaku peredaran narkoba, Iqbal menegaskan, agar mereka jangan coba-coba bermain di Surabaya.

“Kami akan melakukan tindakan sangat keras kepada pengedar. Sekali pun harus berujung pada kematian. Itulah warning dari negara. kita harus selamatkan generasi bangsa,” tegasnya.(asb)

 


Terkait